lovely

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

cool

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Ai

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

cool

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

me

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Sabtu, 12 Januari 2013

SISTEM OPERASI BLACKBERRY

Sistem Operasi Blackberry

Seperti halnya komputer, ponsel juga memiliki sistem operasi yang menjembatani antara perangkat keras dengan program-program yang ada, seperti contact, messaging, kamera, musik player, dan aplikasi pihak ketiga. Kini, sistem operasi pada ponsel sudah berkembang sebegitu pesatnya hingga banyak bermunculan ponsel-ponsel baru yang mengusung berbagai macam sistem operasi berbeda. Berikut ini akan aku coba bahas beberapa sistem operasi mobile yang banyak digunakan saat ini
BlackBerry OS adalah milik sistem operasi mobile , yang dikembangkan oleh Research In Motion. Pada tahun 1984 RIM (Research In Motion) didirikan oleh Mike Lazaridis, hingga sekarang menjabat sebagai president dan Co-CEO bersama dengan Douglas Fregin sebagai Vice President of Operations. Mereka membangung RIM untuk tujuan bisnis konsultasi barang elektronik dan ilmu computer. Untuk perusahaan BlackBerry garis smartphone perangkat genggam. Sistem operasi menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan di handheld nya.
Sistem operasi ini ditulis dalam bahasa pemrograman Java dan bersifat Close Source.
BlackBerry Software terobosan baru yaitu BlackBerry Widget Software Development Kit (SDK) untuk platform OS BlackBerry 5.0. Sebelumnya aplikasi BlackBerry hanya ditulis dengan bahasa pemrograman Java, tetapi sekarang setelah kehadiran BlackBerry Widget SDK baru ini pengembang dapat membuat aplikasi berbasis web untuk smartphone BlackBerry dengan fitur dan fungsionalitas penuh.
BlackBerry Widget menggunakan mesin browser BlackBerry untuk render aplikasi yang menggunakan user interfaceHTML, CSS, dan JavaScript. Dengan demikian melalui penggunaan BlackBerry Widget API (Application Programming Interface), para pengembang dapat menggunakan isi web yang sudah tersedia untuk membuat BlackBerry Widget dan memperluas kemampuan dari aplikasi web mereka.
Menurut riset, BlackBerry pertama kali diproduksi pada tahun 1999. Two-way pager adalah perangkat pertama yang diproduksi oleh perusahaan ini, memasuki tahun 2002 BlackBerry telah merilis salah satu smartphone sejati pertama. Generasi pertama Perangkat yang dikembangkan BlackBerry adalah trackwheel dan sekarang berevolusi menjadi trackball, trackpads, bahkan Full touchscreen yang stylish dan dinamis.Platform BlackBerry mungkin paling dikenal karena dukungan asli untuk email perusahaan, melalui MIDP 1.0 dan, baru-baru ini, bagian dari MIDP 2.0, yang memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan Microsoft Exchange , Lotus Domino , atau Novell GroupWise email, kalender, tugas, catatan, dan kontak, bila digunakan bersama dengan BlackBerry Enterprise Server . The operating system also supports WAP 1.2. Sistem operasi juga mendukung WAP 1.2.
Sebelum tersedianya Sistem Operasi blackberry, handheld blackberry menggunakan sistem operasi berbasis Java 2 Micro Edition (J2ME) OS pada tahun 2001.
Berikut urutan os blackberry setelah menggunakan versi diatas menurut versinya :
OS versi 4.x
OS versi 5
OS versi 6
Beberapa perangkat lunak yang disediakan oleh BlackBerry yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan operasi:
BlackBerry Enterprise Server (BES). BES adalah Perangkat lunak Blackberry yang bisa memberikan Blackberry akses ke intranet perusahaan. Intranet merupakan jaringan dalam suatu perusahaan yang bersifat pribadi dan internal perusahaan.
BlackBerry Professional Software (BPS). BPS merupakan komunikasi nirkabel dan kolaborasi solusi bagi usaha kecil dan menengah. Ia menghadirkan berbagai fitur yang dibutuhkan para karyawan, dalam sebuah paket dengan harga yang lebih murah.
BlackBerry Internet Service (BIS). Perangkat lunak yang diperuntukkan bagi pengguna pribadi ini memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan smartphone dengan 10 akun e-mail yang berbasis Post Office Protocol (POP3) dan Internet Message Access Protocol (IMAP), menerima dan mengirim pesan instan, serta berselancar di Internet. Layanan BIS ini yang sering digunakan oleh para pengguna smatphone BlackBerry.
BlackBerry Mobile Data System (BlackBerry MDS). Sebuah aplikasi optimisasi pengembangan kerangka kerja untuk BlackBerry Enterprise Solution, yang menyediakan layanan kepada anda sebuah alat pengembangan untuk membangun, menyebarluaskan, serta mengatur interaksi antara BlackBerry smartphones dan aplikasi perusahaan.
Pembaruan sistem operasi dapat secara otomatis tersedia dari operator selular yang mendukung OTASL BlackBerry (selama loading software udara) layanan.
Pihak ketiga pengembang dapat menulis perangkat lunak menggunakan API yang tersedia BlackBerry ( antarmuka pemrograman aplikasi ) kelas, meskipun aplikasi yang menggunakan fungsionalitas tertentu harus ditandatangani secara digital .
Sementara RIM mengembangkan dan merilis versi update sistem operasi untuk mendukung masing-masing perangkat, terserah kepada operator individu untuk memutuskan apakah dan kapan versi dilepaskan untuk para penggunanya. On April 2010 RIM announced the new BlackBerry OS 6.0 version, which was released in the 3rd quarter 2010. [ 2 ] April 2010 RIM BlackBerry baru mengumumkan OS versi 6.0, yang dirilis pada kuartal 3 2010.
Blackberry juga menyediakan perangkat lunak untuk desktop yaitu Blackberry Desktop Manager, merupakan aplikasi yang digunakan untuk memudahakan handheld BlackBerry untuk berkomunikasi dengan komputer dalam melakukan sinkronisasi data pada kalender, adressbook, task atau memo dan mengupdate perangkat lunak yang ada pada handheld balckberry.

sumber: 
http://www.articlealley.com/article_1453679_45.html?ktrack=kcplink
http://en.wikipedia.org/wiki/BlackBerry_OS
http://www.total.or.id

Kamis, 10 Januari 2013

Teknologi 4G



Teknologi fourth generation (4G) adalah teknologi yang baru memasuki tahap uji coba. Salah satunya oleh Jepang dimana pihak NTT DoCoMo, perusahaan ponsel di Jepang, memanfaatkan tenaga hingga 900 orang insinyur ahli untuk mewujudkan teknologi generasi ke 4.

Motivasi Teknologi 4G :
1. Mendukung service multimedia Interaktif.
2. Telekonfrensi, Wireless Intenet.
3. Bandwidth yang lebar, bit rates lebih besar dari 3G.
4. Global mobility, Service Portability, Low-cost service.
5. Skalabilitas untuk jaringan mobile.

Teknologi yang baru dalam 4G :
1. Sepenuhnya untuk jaringan packet-switched.
2. Semua komponen jaringan digital.
3. Bandwidth yang besar untuk mendukung multimedia service dengan biaya yang murah ( Sampai 100 Mbps).
4. Jaringan keamanan data yang kuat.

Teknologi yang digunakan :
Untuk teknologi 4G, kemungkinan teknologi yang diadaptasi adalah :
MIMO-OFDM (Multi Input Multi Output – Orthogonal Frequency Modulation). OFDM merupakan suatu teknik transmisi multi carrier (banyak frekuensi). Dimana tiap frekuensi adalah orthogonal satu sama lain, sehingga terjadinya overlapping tidak akan menyebabkan interferensi. Dan di sisi lain teknik MIMO dapat membuat kanal parallel independen dalam spatial domain untuk mengirimkan data stream yang beragam. Teknik MIMO bisa memperbesar kapasitas kanal tanpa mengurangi bandwidth yang ada. Jumlah antena yang dipergunakan pada bagian pemancar 2 sedangkan pada bagian penerima 4. MIMO dapat mencapai kecepatan transfer data sampai 59,52 Mb.

Android

Awal Pemrograman Android


Sebelum memulai ke dalam penulisan program. Kita harus tahu terlebih dahulu, aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan penulisan program Android. Perangkat atau aplikasi yang dibutuhkan adalah JDK (Java), Android SDK dan Eclipse (optional). Berikut adalah pembahasan dari masing-masing perangkat-perangkat tersebut.
JDK
Java Development Kit (JDK) ini wajib hukumnya, karena Android merupakan aplikasi yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Untuk mendapatkan installer JDK bisa mengunduh / medownload langsung di situs resminya. Pilihlah installer JDK (java) yang sesuai dengan sistem operasi komputer kita. JDK yang bisa digunakan untuk membuat program Android adalah JDK 5 dan 6 atau versi terbarunya.

Jika komputer sudah terinstall Java dengan benar, maka kita bisa melakukan langkah berikutnya.

Android SDK
Namanya juga Android programming, mau tidak mau ya harus memerlukan Android SDK. Untuk mendapatkan installer Android SDK bisa mengunduh di situs resminya. Sama halnya dengan JDK, installer Android SDK yang kita pilih adalah yang sesuai dengan platform atau sistem operasi yang digunakan di komputer yang akan kita gunakan untuk membuat program Android.
Namun yang kita download adalah package starter dan bukan lingkungan pengembangnya (development environment). Ini hanya berisi alat-alat utamanya saja. Ketika kita selesai mendownload, kita bisa langsung menginstallnya. Ketika proses install berlangsung maka nanti disediakan pilihan untuk package dari Android yang akan digunakan untuk pengembangan, mulai dari Android 1.5 hingga Android 3.0. Namun beberapa package yang benar-benar akan digunakan. Karena jika kita menggunakan semuanya, selain menghabiskan kapasitas harddisk kita juga dapat menghabiskan waktu kita karena terlalu lamanya proses download package tersebut. Jadi, download seperlunya saja, pilih 1 atau 2 package ditambah package lainnya seperti sample. Jika sewaktu-waktu membutuhkan package yang belum di-download, tinggal jalankan Android Manager lalu pilih Available Package dan pilih Repository lalu pilih package yang diperlukan

Eclipse

Penggunaan Eclipse sebenarnya bersifat optional, artinya bisa digunakan atau pun tidak. Karena Eclipse bisa digantikan oleh editor lainnya. Namun saya lebih menyarankan Eclipse karena Eclipse bisa memudahkan kita dalam hal pembuatan program Android dan juga karena Eclipse masih berbasis teks. Jadi kita bakal melakukan pemrograman dengan menulis source code terus menerus bukan dengan cara drag ‘n drop. Hal ini membantu kita dalam memahami setiap baris code yang kita butuhkan untuk membuat aplikasi Android. Kalau belajar lebih baik pilih yang di tengah-tengah saja, jangan terlalu mudah dan jangan juga terlalu susah. Klo kita memilih metode yang terlalu susah juga, kemungkinan kita tidak akan memulainya karena sudah terbayang di kepala kita betapa sulitnya hal tersebut.

Eclipse bisa di download di situs resminya. Eclipse yang bisa digunakan adalah Eclipse yang mendukung pengembangan pemrograman berbasis Java. Versi yang direkomendasikan adalah Eclipse versi 3.5 Galileo atau versi 3.4 Ganymade. Hal ini dikarekan penulis pernah membaca bahwa terdapat sedikit masalah dengan Eclipse 3.6 Helios, walaupun penulis pernah mencoba menggunakan Helios namun bisa berjalan baik untuk Android. Tapi kita lebih baik mencari aman saja. heheheeh

Jika sudah selesai proses download Eclips, maka install Eclipse. Caranya hanya dengan mengekstraknya saja lalu kita bisa menggunakan dengan mengklik dua kali file Eclipse.exe. Mudah bukan?? Oke, sekarang kita selaraskan eclipse yang digunakan dengan Android SDK yang sudah terinstall. Pilih menu Help –> Install New Software. Maka akan muncul tampilan window Available Software. Pilih Add lalu akan muncul tampilan window Add Repository. Isikan field Name dengan nama Android (bisa diganti yang lain). Lalu isikan field Location dengan https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/.

Setelah itu restart Eclipse. Lalu pilih menu Window –> Preferences. Isikan field Location SDK dengan alamat path dari Android SDK yang sudah terinstall di komputer lalu klik Ok. Selanjutnya pilih menu Window –> Android SDK dan AVD Manager. Pilih Virtual Devices lalu klik New. Isikan Name dengan Coba Android (bisa diganti yang lain). Dan isikan field Target dengan package atau platform Android yang sebelumnya telah kita download (misalkan 1.6). Lalu klik Create AVD. AVD atau Android Virtual Device ini digunakan untuk menjalankan emulator Android sesuai dengan platform yang kita pilih.

Rabu, 09 Januari 2013

Jaringan Komputer : Konsep TCP/IP


  • 1. Konsep TCP/IPPengantar Jaringan KomputerAchmad Solichin (http://achmatim.net)Universitas Budi Luhur
  • 2. Konsep Dasar Protokol TCP/IPMerupakan Sekumpulan protokol yang terdapat di dalam jaringan komputer yang digunakan untuk berkomunikasi atau bertukar data antar komputer.Merupakan protokol standart pada jaringan internet yang menghubungkan banyak komputer yang berbeda jenis mesin maupun sistem operasi agar dapat berinteraksi satu sama lain.
  • 3. SejarahKebutuhan DoD (Department of Defense) akan suatu komunikasi di antar berbagai variasi komputer yang telah ada. Komputer tersebut harus tetap terhubung karena terkait dengan pertahanan negara dan sumber informasi harus tetap berjalan meskipun terjadi bencana alam.Tahun 1969 dimulai penelitian terhadap serangkaian protokol. Dengan tujuan :Terciptanya protokol-protokol umumMeningkatkan efisiensi komunikasi dataDapat dipadukan dengan teknologi WAN yang telah adaMudah dikonfigurasikan
  • 4. Sejarah1968 DoD ARPAnet (Advance Research Project Agency) memulai penelitian dan merupakan cikal bakal dari paket switching.Sekarang dikenal dengan internet.
  • 5. Layanan TCP/IPPengiriman file (File Transfer). File Transfer Protokol (FTP) memungkinkan user dapat mengirim atau menerima file dari komputer jaringan.Remote Login. Network Terminal Protokol (telnet). Memungkinkan user untuk melakukan login ke dalam suatu komputer di dalam jaringan.Computer Mail. Digunakan untuk menerapkan sistem e-mail. Protokol yang digunakan:SMTP (Simple Mail Transport Protokol) untuk pengiriman emailPOP (Post Office Protokol) dan IMAP (Internet Message Access Control) untuk menerima emailMIME (Multipurpose Internet Mail Extensions) untuk mengirimkan data selain teks
  • 6. Layanan TCP/IPNetwork File System (NFS). Pelayanan akses file jarak jauh yang memungkinkan klien untuk mengakses file pada komputer jaringan jarak jauh walaupun file tersebut disimpan lokal.Remote Execution. Memungkinkan user untuk menjalankan suatu program dari komputer yang berbeda.Name Servers. Nama database alamat yang digunakan pada internet.IRC (Internet Relay Chat). Memberikan layanan chat Streaming (Layanan audio dan video). Jenis layanan yang langsung mengolah data yang diterima tanpa menunggu mengolah dataselesai dikirim.
  • 7. Cara Kerja TCP/IPTCP merupakan connection-oriented, yang berarti bahwa kedua komputer ikut serta dalam pertukaran data harus melakukan hubungan terlebih dulu sebelum pertukaran data berlangsung (dalam hal ini email). TCP bertanggung jawab untuk menyakinkan bahwa email tersebut akan sampai tujuan, memeriksa kesalahan dan mengirimkan error ke lapisan atas hanya bila TCP tidak berhasil melakukan hubungan. Jika isi email tersebut terlalu besar untuk satu datagram, TCP akan membaginya ke dalam beberapa datagram.
  • 8. 8Cara kerja TCP/IPIP bertanggung jawab setelah hubungan berlangsung. Tugasnya adalah untuk merutekan paket data di dalam network. IP hanya bertugas menjadi kurir dari TCP dan mencari jalur yang terbaik dalam penyampaian datagram. IP “tidak bertanggung jawab” jika data tersebut tidak sampai dengan utuh, namun IP akan mengirimkan pesan kesalahan melalui ICMP (Internet Control Message Protokol) dan kemudian kembali ke sumber data.
  • 9. Cara Kerja TCP/IPKarena IP hanya mengirimkan data tanpa mengetahui urutan data mana yang akan disusun berikutnya, maka menyebabkan IP mudah untuk dimodifikasi di daerah sumber dan tujuan datagram.
  • 10. Application Layer(SMTP, FTP, HTTP, dll)Transport Layer(TCP, UDP)Internet Layer(IP, ICMP, ARP)Network Interface Layer(Ethernet, SLIP, PPP)Arsitektur TCP/IPTCP/IP StackJaringan Fisik
  • 11. OSI Model
  • 12. OSI Model
  • 13. OSI Model
  • 14. 14Protokol-Protokol TCP/IPNetwork Interface layer Bertanggung jawab mengirimkan data dari media fisik. Contoh dari protokol ini adalah :Ethernet Sebuah card yang terhubung ke card lain melalui ethernet hub dan kabel UTP atau BNCSLIP (Serial Line Interface Protokol) Teknik enkapsulasi datagram yang paling sederhana di internet. Datagram IP yang diterima dienkapsulasi dengan menambahkan karakter END (0xC0) pada awal dan akhir frame.
  • 15. Protokol-protokol TCP/IPPPP (Point to Point Protokol) terdiri dari beberapa protokol mini, yaitu:LCP (Link Control Protocol), berfungsi membentuk dan memelihara link.Authentication Protocol, berfungsi untuk memeriksa authentikasi dari user. Ada dua jenis authentikasi, yaitu: Password Authentication Protokol (PAP) dan Challenge Handshake Authentication Protokol (CHAP)Network Control Protokol (NCP), berfungsi mengkoordinasi operasi bermacam-macam protokol jaringan yang melalui PPP.
  • 16. Protokol-Protokol TCP/IPInternet Layer IP (Internet Protokol) memiliki sifat yang dikenal sebagai UnreliableProtokol IP tidak menjamin datagram yang dikirim pasti sampai ke tempat tujuan.ConnectionlessProses pengiriman paket dari tempat asal ke tempat tujuan tanpa handshake terlebih dahulu.Datagram Delivery Service Setiap paket data yang dikirim adalah independen terhadap yang lain.
  • 17. 17Format Datagram IP
  • 18. Format Datagram IPVersion, bersisi versi dari IP yang dipakaiHeader Length, berisi panjang dari header paket IP ini dalam hitungan 32 bit wordType of service, berisi kualitas service yang dapat mempengaruhi cara penanganan paket IP ini.Total Length of Datagram, panjang IP datagram total dalam ukuran byte.Identification, Flag dan Fragment Offset, berisi beberapa data yang berhubungan dengan fragmentasi paket.Time to Live, berisi jumlah router/hop maksimal yang boleh dilewati paket IP.
  • 19. Format Datagram IPProtocol, mengandung data yang mengidentifikasikan protokol layer atas pengguna isi data dari paket IP.Header Checksum, berisi nilai checksum yang dihitung dari seluruh field dari header paket IP.IP Address penerima dan pengirim, berisi alamat pengirim dan penerima paket.Strict Source Route, berisi daftar lengkap IP Address dari router yang harus dilalui oleh paket ke host tujuan.Loose Source Route, paket yang dikirimkan harus singgah di beberapa router yang telah ditentukan.
  • 20. Internet Layer (ICMP)ICMP (Internet Control Message Protocol), bertugas mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus
  • 21. Internet Layer (ICMP)Beberapa pesan kesalahan ICMP, yaitu:Destination Unreachable, Pesan yang dihasilkan oleh router jika paket gagal dikrim akibat putus jalur.Network Unreachable, jaringan tujuan tidak dapat dihubungiHost Unreachable, host tujuan tidak dapat dihubungiProtokol At Destination Unreachable, Protokol tidak tersediaPort is Unreachable, port tidak tersediaDestination Network is Unknown, jaringan tujuan tidak dikenalDestination Host is Unknown, host tujuan tidak dikenalTime ExceededParameter Problem, terjadi kesalahan parameter dan letak oktet dimana kesalahan terdeteksi.Source quench, yang terjadi karena router/host tujuan membuang datagram karena pembatasan ruang buffer atau karena datagram tidak dapat diproses.Redirect, memberi saran kepada host asal datagram mengenai router yang lebih tepat untuk menerima datagram tersebut
  • 22. Internet Layer (ICMP)Beberapa ICMP Query Message, yaitu:Echo requestdan Echo reply message, bertujuan memeriksa apakah sistem tujuan dalam keadaan aktif.TimeStamp dan TimeStamp Reply, menghasilkan informasi waktu yang diperlukan sistem tujuan untuk memproses suatu paket.Address Mask, untuk mengetahui berapa netmask yang harus digunakan oleh host dalam suatu network
  • 23. Internet Layer (ARP)ARP (Address Resolution Protocol), digunakan untuk keperluan pemetaan IP address dengan ethernet address.ARP bekerja dengan mengirimkan paket berisi IP address yang ingin diketahui alamat ethernetnya ke alamat broadcast ethernet.
  • 24. Protokol-Protokol TCP/IPTransport Layer Merupakan layer komunikasi data yang mengatur aliran data antara dua host, untuk keperluan aplikasi di atasnya. Ada 2 buah protokol pada layer ini, yaitu:TCP (Transmission Control Protocol) Merupakan protokol yang menyediakan service yang dikenal sebagai:Connection oriented, Sebelum terjadi pertukaran data dua aplikasi pengguna TCP harus HandshakeReliable, TCP menerapkan proses deteksi kesalahan paket dan retransmisi.Byte stream service, Berarti paket dikirimkan dan sampai ke tujuan secara berurutan.UDP (User Datagram Protocol) Merupakan protokol sederhana, yang bersifat connectionless, non sequencing dan acknowledgement. Selain itu juga merupakan protokol yang bekerja pada transport layer untuk digunakan bersama dengan protokol IP di network layer.Application Layer
  • 25. IP Versi 4IP Address merupakan pengenal yang digunakan untuk memberi alamat pada tiap-tiap komputer dalam jaringan.Format IP Address adalah bilangan 32 bit yang tiap 8 bitnya dipisahkan oleh tanda titik.Format IP Address dapat berupa biner (xxxxxxxx.xxxxxxx.xxxxxxxx.xxxxxxx) atau berupa bilangan desimal yang masing-masing dipisahkan oleh titik (dotted decimal) (xxx.xxx.xxx.xxx)
  • 26. Format IP AddressIP address merupakanbilanganbiner 32 bit yang dipisahkanolehtandapemisahberupatandatitikdisetiap 8 bitnya.Tiap 8 bit inidisebutdenganoktet.Bentukdari IP address adalahsebagai berikut:xxxxxxxx.xxxxxxxx.xxxxxxxx.xxxxxxxx 10000100.01011100.01111001.00000001 132 92 121 1 Dotted Decimal Notation
  • 27. Network ID dan Host IDPembagiankelas-kelas IP berdasarkanpadaduahal : Network ID dan host ID darisuatu IP.Network ID adalahbagiandari IP address yang digunakanuntukmenunjukjaringantempatkomputeriniberada.Host ID adalahbagiandari IP Address yang digunakanuntukmenunjuk workstation, server, router dansemua host TCP/IP lainnyadalamjaringantersebut.
  • 28. Pembagian IP AddressDikenal dua cara pembagian IP address:Classfull AddressingClassless Addressing
  • 29. Classfull AddressingMerupakan metode pembagian IP berdasarkan kelas dimana IP Address dibagi menjadi 5 kelasKelas AKelas BKelas CKelas DKelas E
  • 30. Kelas AFormat : 0nnnnnn.hhhhhhhh.hhhhhhhh.hhhhhhhhBit Pertama : 0Panjang NetID : 8 bitPanjang HostID : 24 BitByte Pertama : 0-127Jumlah : 126 Kelas A (0 dan 127 dicadangkan)Range IP : 1.xxx.xxx.xxx sampai 126.xxx.xxx.xxxJumlah IP : 16.777.214 IP Address disetiap kelas ADekripsi : Diberikan untuk jaringan dengan jumlah host yang besar
  • 31. Kelas BFormat : 10nnnnn.hhhhhhhh.hhhhhhhh.hhhhhhhhBit Pertama : 10Panjang NetID : 16 bitPanjang HostID : 16 BitByte Pertama : 128-191Jumlah : 16.384 Kelas BRange IP : 128.0.xxx.xxx sampai 191.155.xxx.xxxJumlah IP : 65.532 IP Address di setiap kelas BDekripsi : Dialokasikan untuk jaringan besar dan sedang
  • 32. Kelas CFormat : 110nnnn.hhhhhhhh.hhhhhhhh.hhhhhhhhBit Pertama : 110Panjang NetID : 24 bitPanjang HostID : 8 BitByte Pertama : 192-223Jumlah : 2.097.152 Kelas CRange IP : 192.xxx.xxx.xxx sampai 223.255.255.xxxJumlah IP : 254 IP Address disetiap kelas CDekripsi : Diberikan untuk jaringan berukuran kecil
  • 33. Kelas DFormat : 1110nnn.hhhhhhhh.hhhhhhhh.hhhhhhhhBit Pertama : 1110Bit Multicast : 28 bitByte Inisial : 224-247Dekripsi : Kelas D digunakan untuk keperluan IP Multicast
  • 34. Kelas EFormat : 1111rrrr.rrrrrrrr.rrrrrrrr.rrrrrrrrBit Pertama : 1111Bit Cadangan : 28 bitBit Inisial : 248-255Dekripsi : Kelas E dicadangkan untuk keperluan ekperimen.
  • 35. Classless AddressingMerupakan metode pengalamatan tanpa kelas, yakni dengan mengalokasikan IP Address dalam notasi Classless Inter Domain Routing (CIDR).
  • 36. Pengalokasian IPProsesmemilih Network ID dan Host ID yang tepatuntuksuatujaringan.IP Address terdiridari 2 bagian, yaitu Network IDMenunjuknomor network Host IDMengindentifikasi host dalamsatu network
  • 37. Pengalokasian IPBeberapaaturandasardalammenentukan network ID dan host ID yang hendakdigunakan :Network ID 127.0.0.1 tidakdapatdigunakan, karenamerupakan default yang digunakanuntukkeperluanmenunjukdirinyasendiri (loop-back).Host ID tidakbolehdiset 1 (ex. 126.255.255.255), karenaakandiartikansebagaialamat broadcast. ID broadcast merupakanalamat yang mewakiliseluruhanggotapadajaringan.Network ID dan Host ID tidakbolehsamadengan 0 (ex. 0.0.0.0), karena IP address dengan host ID 0 diartikansebagaialamat network. Alamat network adalahalamat yang digunakanuntukmenunjuksuatujaringan, dantidakmenunjuksuatu host.Host ID harusunikdalamsuatu network. Dalamsuatu network tidakbolehadadua host dengan host ID yang sama.
  • 38. Pengalokasian IPAturan lain :0/8 : 0.0.0.1 s/d 0.255.255.254Host/net : 16.777.21410/8 : 10.0.0.1 s/d 10.255.255.254Host/net : 16.777.214127/8 : 127.0.0.1 s/d 127.255.255.254Host/net : 16.777.214169.254/16 : 169.254.0.1 s/d 169.255.255.254Host/net : 65.534172.16/12 : 172.16.0.1 s/d 172.31.255.254Host/net : 1.048.574 (Private Internet)192.0.2/24 : 192.0.2.1 s/d 192.0.2.254Host/net : 254192.168/16 : 192.168.0.1 s/d 192.168.255.254Host/net :65534Semua space dariklas D dan E dapatdigunakanuntuk IP Address Local Area Network, karena IP initidakdigunakandi internet.
  • 39. SubnetKonsepSubnettingdari IP Address merupakanteknik yang umumdigunakandi internet untukmengefisienkanalokasi IP Address dalamsebuahjaringansupayabisamemaksimalkan IP Address.Subnettingmerupakanprosesmemecahsatukelas IP Address menjadibeberapa subnet denganjumlah host yang lebihsedikit, danuntukmenentukanbatas network ID dalamsuatu subnet, digunakan subnet mask
  • 40. Contoh Subnet
  • 41. Tabel subnet
  • 42. Tabel subnet
  • 43. SubnettingJumlah Host per Network 2n-2n adalah jumlah bit tersisa sebelum diselubungi. Contoh: network prefix /10 maka bit tersisa adalah 32-10=22 222-2=419430243
  • 44. SubnettingJumlah subnet = 2NDimana N adalah jumlah bit yang dipergunakan. N=network prefix-8 Contoh: network prefix /10, maka N=10-8 = 2 22=4
  • 45. TabelSubnet Mask IP Kelas C
  • 46. LatihanIP kelas C 202.152.0.1Tentukan berapa jumlah host maximal yang bisa disusun dalam jaringan dan berapa jumlah subnetnya.202.152.0.1/2732-27 = 5Host : 214-2=30
  • 47. LatihanIP kelas C 192.168.1.1Tentukanberapajumlah host maximal yang bisadisusundalamjaringandanberapajumlahsubnetnya.192.168.1.1/2832-28 = 4Host : 24-2=14IP Host Awal : 192.168.1.1IP Host Akhir : 192.168.1.14Subnet Mask : 255.255.255.240
  • 48. Latihan192.168.0.0/26,192.168.0.xx/26,192.168.0.xxx/26, 192.168.0.xxx/26Host : ?IP Host Awal : ?IP Host Akhir : ?Subnet Mask : ?
  • 49. Latihan192.168.0.0/27,192.168.0.xx/27,192.168.0.xxx/27, 192.168.0.xxx/27Host : ?IP Host Awal : ?IP Host Akhir : ?Subnet Mask : ?
  • 50. Latihan192.168.0.0/27,192.168.0.xx/26,192.168.0.xx/28, 192.168.0.xxx/29Host : ?IP Host Awal : ?IP Host Akhir : ?Subnet Mask : ?
  • 51. LatihanINTERNETIP Awal : 202.134.0.0Router ARouter DRouter ESubnet X1Subnet X2Router CRouter BRouter FRouter GSubnet X3Host =25Subnet X4Host=10Subnet X5Host=12Subnet X6Host=9
  • 52. LatihanINTERNETIP Awal : 200.192.2.0Router ASubnet BIP Total =8Router C Router BRouter DIP Total =4Router E IP Total =16IP Total =16Subnet AIP Total =8Subnet ESubnet FRouter F Router GIP Total =16IP Total =32Subnet CSubnet D
  • 53. Materi RoutingKonsep dasar RoutingJenis-jenis routingTabel routingProtokol-protokol routingCara kerja protokol routing
  • 54. KonsepDasar RoutingRouting adalah Proses yang dialami datagram untuk mencapai tujuan di jaringan TCP/IP.Konsep routing adalah hal yang utama pada lapisan internet di jaringan TCP/IP. Hal ini karena pada lapisan internet terjadi proses pengalamatan.
  • 55. KonsepDasar RoutingData-data dari device yang terhubung ke internet dikirim dalam bentuk datagram, yaitu paket data yang didefinisikan oleh IP. Datagram memiliki alamat tujuan paket data. Internet Protokol memeriksa alamat ini untuk menyampaikan datagram dari device asal ke device tujuan.Jika alamat tujuan datagram tersebut terletak satu jaringan dengan device asal, datagram tersebut langsung disampaikan.Jika alamat tujuan datagram tidak terdapat di jaringa yang sama, datagram akan disampaikan kepada router yang paling tepat.Router berfungsi sebagai penghubung dua buah jaringan yang berbeda, tepatnya mengarahkan rute yang terbaik untuk mencapai network yang diharapkan.Router menjadi perangkat yang berfungsi meneruskan datagram IP pada network layer. Router memiliki lebih dari satu NIC dan dapat meneruskan datagram dari satu NIC ke NIC yang lain
  • 56. Jenis-jenis routingRouting StatikEntri-entri dalam forwarding table route diisi dan dihapus secara manual.Routing DinamikProses pengisian data routing di table secara otomatis.Cara yang digunakan untuk melepaskan kewajiban mengisi entri-entri forwarding table secara manual.Protokol routing mengatur router-router sehingga dapat berkomunikasi satu dengan yang lain dan saling memberikan informasi routing yang routing yang dapat mengubah isi forwarding table, tergantung keadaan jaringannya.Dengan cara ini, router-router mengetahui keadaan jaringan yang terakhir dan mampu meneruskan datagram ke arah yang benar.
  • 57. PerbedaanRouting Statikdandinamik
  • 58. Tabel RoutingTabel routing terdiri atas entri-entri rute dan setiap rute setidaknya terdiri atas IP address, tanda untuk menunjukan routing langsung atau tidak, alamat router dan nomor interface.
  • 59. Protokol-protokol RoutingInterior Gateway Protocol (IGP)Protokol yang menangani routing jaringanpadasebuahautonomous system, TerdiridariRouting Information Protocol (RIP)Open Shortest Path First (OSPF)Exterior Gateway Protocol (EGP)Protokol yang menangani routing antarautonomous system,Terdiridari :Border Gateway Protocol (BGP)
  • 60. Karakteristik RIP & OSPF
  • 61. Domain Name System(DNS)AdalahDistribute Database System yang digunakanuntukpencariannamakomputer (name resolution) dijaringan yang menggunakan TCP/IP.Merupakansebuahaplikasi service yang biasadigunakandi Internet seperti web browser atau email yang menerjemahkansebuah domain name ke IP address.Selainuntuk internet, DNS jugadapatdiimplementasikanke private network (VPN atau intranet.
  • 62. Keunggulan DNSMudah, DNS sangatmudahkarena user tidaklagidirepotkanuntukmengingat IP address darisebuahkomputer, cukup host name (namakomputer).Konsisten, IP address sebuahkomputerbisasajaberubah, tapi host name tidakharusberubah.Simple, user hanyamenggunakansatunamauntukmencaranamadimainbaikdiinternatmaupundi intranet, meskipunadabanyak mirror server yang digunakan.

Selasa, 08 Januari 2013

PEMROGRAMAN PHP


Sebagai awal dari rangkaian pelajaran PHP, terlebih dahulu kita akan belajar fungsi-fungsi dasar PHP yang nantinya bakal sering digunakan dalam pemrograman dengan PHP.
Salah satu fungsi yang paling mendasar dari PHP adalah fungsi echo(). Fungsi echo() digunakan untuk menampilkan string yang nantinya akan diterjemahkan oleh browser, entah string tersebut berupa teks ataupun tag HTML. Sintaks dari fungsi echo() adalah sebagai berikut:
echo(string);
echo string
echo "$string";
Contoh skrip sederhana menggunakan fungsi echo() adalah sebagai berikut:
<HTML>
<HEAD>
<TITLE> Fungsi echo() </TITLE>
</HEAD>
<BODY>
<?
echo(“<strong>”);
echo “Hallo, ini adalah hasil dari fungsi echo()”;
echo “</strong>”;
?>
</BODY>
</HTML>
Jika Anda lihat source code HTML dari skrip tersebut akan tertulis demikian:
<HTML>
<HEAD>
<TITLE> Fungsi echo() </TITLE>
</HEAD>
<BODY>
<strong> Hallo, ini adalah hasil dari fungsi echo() </strong>
</BODY>
</HTML>
Penggunaan fungsi echo() ini terkait erat dengan penggunaan variabel dengan tipe data string. Strings merupakan tipe data berupa karakter. Semua karakter dapat dimasukkan ke dalam tipe strings, termasuk angka, huruf, maupun karakter-karakter khusus seperti +, -, %, $, &, dan lain-lain. Sedangkan sebuah variabel ditandai dengan tanda $ di depannya. Jadi $var1 adalah sebuah variabel dengan nama “var1”.
Untuk memasukkan string ke dalam sebuah variabel, harus digunakan karakter-karakter sebagai berikut: tanda kutip ganda (“), tanda kutip tunggal (‘), atau tanda lebih kecil yang dituliskan sebanyak tiga kali (<<<).
Perbedaan penggunaan dari ketiga karakter tersebut adalah sebagai berikut:
Jika digunakan tanda kutip ganda (“), maka variabel yang terletak di dalam string tersebut akan dinyatakan sebagai nilainya, bukan nama variabelnya. Contoh:

<?php $nama = "PHP";
echo "Namaku adalah $nama"; ?>
Hasil dari contoh tersebut adalah “Namaku adalah PHP”.
Untuk menyatakan karakter-karakter tertentu di dalam sebuah string, seperti misalnya tanda kutip ganda, tanda ampersand (&), tanda dollar ($), dan lain-lain digunakan karakter backslash (\). Karakter seperti ini disebut dengan Escaped Character. Di bawah ini akan diberikan beberapa contoh escaped character:
Escaped character : Arti
\n : Ganti Baris
\r : Carriage return
\t : Tab
\$ : $
\" : "
\\ : \
\& : &

Contoh penggunaan escaped character:
<?php echo “Saya berkata, \"Apa kabar?\"";
Hasilnya adalah: Saya berkata, Apa kabar?

Jika digunakan tanda kutip tunggal, maka semua string akan nampak seperti apa adanya yang tertulis di dalam tanda kutip tunggal tersebut. Variabel akan tetap dinyatakan sebagai nama variabelnya, dan escaped character yang dikenal hanyalah \\ dan \’. Contoh:
<?php $nama = "PHP";
echo "Namaku adalah $nama"; ?>
Hasil contoh di atas bukanlah "Namaku adalah PHP", tetapi "Namaku adalah $nama".
Yang terakhir adalah tanda lebih kecil yang dituliskan sebanyak tiga kali (<<<). Tanda ini disebut dengan here doc syntax. Here doc syntax sangat berguna untuk menuliskan string yang panjang, karena dapat dipisahkan dalam beberapa baris tapi hasil yang ditampilkan tetap dalam satu baris. Variabel akan dinyatakan sebagai isinya. Penggunaan here doc syntax diikuti dengan semacam penanda yang dituliskan pada awal dan akhir string. Contoh:
<? php $nama1 = “HTML”;
$nama2 = “PHP”;
$nama3 = “Javascript”;
Echo <<<tanda
Jika namaku adalah $nama1
maka namamu adalah $nama2
dan namanya adalah $nama3
tanda; ?>
Perhatikan bahwa string yang terletak di dalam here doc syntax tidak perlu menggunakan tanda ; pada akhir baris. Untuk lebih memahami penggunaan ketiga macam penggunaan string di atas, akan diberikan contoh dalam skrip PHP sebagai berikut:
<HTML>
<HEAD>
<TITLE> Contoh Pemrograman PHP </TITLE>
<BODY>
<?php
$nama1 = "HTML";
$nama2 = "PHP";
$nama3 = "Javascript";
echo "Namaku adalah $nama1 <br />";
echo 'Namanya adalah $nama2';
echo "<br /> Saya berkata, \"Apa kabar?\" <br />";
echo <<<tanda
Jika namaku adalah $nama1
maka namamu adalah $nama2
dan namanya adalah $nama3
tanda;
?>
</BODY>
</HTML>
Sekali lagi sebagai pembanding akan diberikan source code HTML yang dihasilkan oleh skrip tersebut.
<HTML>
<HEAD>
<TITLE> Contoh Pemrograman PHP </TITLE>
<BODY>
Namaku adalah PHP <br />
Namanya adalah $nama2 <br />
Saya berkata, Apa kabar? <br />
Jika namaku adalah HTML maka namamu adalah PHP dan namanya adalah Javascript.
</BODY>
</HTML>

PEMROGRAMAN C++



C++ adalah bahasa pemrograman komputer C++ dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bell labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an, Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil, Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.


 Contoh Program C++
 Contoh program sederhana C++ untuk hello world dengan menggunakan Pustaka Dasar C++ dapat dilihat di bawah ini:

    # include
    void main()
    {
    Cout << "hello world\n";
    }

Keterangan :
Baris pertama :

#include

Sebagai bagian dari proses kompilator, Kompilator dari c++ menjalankan program yang dinamakan preprosesor. Preprosesor memiliki kemampuan menambahkan dan menghapus kode dari sumber, Pada bagian #include memberitahuakan preprosesor untuk menyertakan kode dari iostream, Berkas iostream berisi deklarasi untuk berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh perangkat lunak, atau class-class yang dibutuhkan

Baris kedua :

void main ()

Pernyataan ini mendeklarasikan fungsi utama, bahwa suatu program C++ dapat berisi banyak fungsi, yang harus selalu memiliki sebuah fungsi utama (main function), Fungsi adalah modul yang berisi kode-kode untuk menyelesaikan masalah-masalah tertentu. Kata Void menandakan fungsi main tidak bertipe.

Baris ketiga :

{

Kurung kurawal buka menandakan awal program.

Baris keempat :

cout Cout << "Hello world\n";

Cout adalah sebuah object dari Pustaka perangkat lunak standart C++ yang digunakan untuk mencetak string ke piranti output standart, yang biasanya adalah layar komputer, Compiler menghubungkan kode dari pustaka perangkat lunak standar itu dengan kode yang telah ditulis untuk mendapatkan hasil executable, Tanda

\n

adalah format modifier yang digunakan untuk bergabti baris setelah menampilkan string, jika ada cout lain pada program tersebut, maka string yang menyertainya akan dituliskan pada baris bawahnya. Baris kelima:

}

Kurung kurawal tutup menandakan akhir program.

PEMROGRAMAN PASCAL


Pascal adalah bahasa tingkat tinggi yang orientasinya pada segala tujuan, dirancang oleh Prof. Niklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland. Nama pascal diambil sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal, ahli matematik dan philosiphi terkenal abad 17 dari Prancis.
Profesor Niklaus Wirth memperkenalkan kompiler bahasa Pascal pertama kali untuk komputer CDC 6000 (Control Data Corporation) yang dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan untuk membantu mengajar program komputer secara sistematis, khususnya pemrograman terstruktur. Pada perkembangannya banyak versi-versi pascal yang beredar, MS-Pascal, Apple Pascal, Turbo Pascal, dll. Gua pernah baca kalo pascal itu di buat karena bahasa C terlalu sulit untuk di pelajari untuk pemula.

Tipe Data yang Sering Digunakan di Pascal
Char -> hanya menampung satu karakter
string -> menampung lebih dari satu karakter
Boolean -> hanya mempunyai dua nilai True atau False
Integer -> -32.768 s/d 32.767 (gak bisa bilangan desimal)
longint -> -2.147.483.648 s/d -2.147.483.648(gak bisa bilangan desimal)
read -> 2,9 x 10-39 s/d 1,7 x 1038 (untuk menampung bilangan desimal)

Tipe Data dan Operator
Tipe Data menunjukkan suatu nilai yang dpat digunakan oleh sutu variable yang bersangkutan.
Tipe Data dalam Pascal :
1. Tipe Data Sederhana, terdiri dari :
a. Tipe data standar :
- integer : merupakan tipe data berupa bilangan bulat
- real : merupakan jenis bilangan pecahan
- char : merupakan karakter yg ditulis diantara tanda petik tunggal. Ex : ‘A’, ‘a’, ‘5′ dll
- string : merupakan urut-urutan dari karakter yang terletak di antara tanda petik tunggal.
- boolean : merupakan tipe data logika, yang berisi dua kemungkinan nilai: TRUE atau FALSE .
b. Tipe data didefinisikan pemakai

2. Tipe Data Terstruktur, terdiri dari :
a. Array
b. Record
c. File
d. Set

3. Tipe Data PointerOperator
Tanda operasi (operator) di dalam bahasa Pascal di kelompokkan dalam :
1. Assignment operator (operator pengerjaan) menggunakan simbol titik dua diikuti olehtanda sama dengan (:=). Contoh –> A:=B;
2. Binary operator digunakan untuk mengoperasikan dua buah operand yang berbentuk konstanta ataupun variable. Operator ini digunakan untuk operasi arithmatika yang berhubungan dgn nilai tipe data Integer dan Real. Operasi yang dilakukan adalah : Pertambahan (+), Pengurangan (-), Perkalian (*), Pembagian Bulat (DIV), Pembagian Real (/) dan Modulus atau Sisa Pembagian (MOD)
3. Unary operator, operator ini menggunakan sebuah operand saja dapat berupa unary minus dan unary plus. Contoh : +2.5, a+(+b) dll
4. Bitwise operator digunakan untuk operasi bit per bit pada nilai integer.
Operator yang digunakan (NOT, AND, OR, XOR, Shl, Shr

Dasar Program Pascal
Unsur-unsur Pemrograman
a. Mendapatkan data dengan membaca data dari default input (key board, file atau sumber data lainnya).
b. Menyimpan data ke dalam memori dengan struktur data yang sesuai,
c. Memproses data dengan instruksi yang tepat.
d. Menyajikan atau mengirimkan hasil olahan data ke default output (monitor, file atau tujuan lainnya).
Nama yang dipergunakan du dalam program Pascal disebut dengan pengenal atau Identifier. Identifier digunakan untuk nama: Program, Sub-program (procedure dan function), nama: Variable, Constant, Type, Label.
Nama-nama ini digunakan untuk pemakaian dan pemanggilan dalam program. Ketentuan penulisan identifier
a. Nama identifier harus dimulai dengan karakter huruf alfabet: a sampai z, A sampai Z atau karakter ‘_’ (underscore - garis bawah)
b. Karakter berikutnya boleh karakter numerik (0 .. 9) atau kombinasi alphanumerik (huruf-numerik).
c. Panjang nama, pada berbagai versi Pascal umumnya antara 32 - 63.
d. Tidak boleh menggunakan karakter istimewa: + - * / | \ = < > [ ] . , ; : ( ) ^ @ { } $ # ~ ! % & ` ” ‘ dan ?
Contoh penulisan:
Penulisan yang benar: NamaMahasiswa, Gaji_Karyawan, PX4, dll.
Penulisan yang salah: 3X, A & B, C Z dll.

Variable adalah identifier yang berisi data yang dapat berubah-ubah nilainya di dalam program. Deklarasi Variable adalah :
a. Memberikan nama variabel sebagai identitas pengenal
b. Menentukan tipe data variabel
Contoh deklarasi variabel: var X : integer;
R : real;
C : char;
T : boolean;

Konstanta adalah identifier yang berisi data yang nilainya tidak berubah di dalam program.
Deklarasi Konstanta adalah:
a. Memberikan nama konstanta sebagai identitas pengenal
b. Menentukan nilai konstanta
Contoh deklarasi konstanta: conts MaxSize = 100; {integer}
ExitC = ‘Q’; {char}
Reserved Words atau kata-kata cadangan pada Pascal adalah kata-kata yang sudah didefinisikan oleh Pascal yang mempunyai maksdu tertentu.Suatu Unit adalah kumpulan dari konstanta, tipe-tipe data, variabel, prosedur dan fungsi-fungsi. Unit standar pada Pascal yang bisa langsung digunakan adalah System, Crt, Printer Dos dan Graph. Untuk menggunakan suatu unit, maka kita harus meletakkan clausa atau anak kalimat Uses di awal blok program, diikuti oleh daftar nama unit yang digunakan. Pada materi ini yang akan dibahas adalah unit Crt. Unit ini digunakan untuk memanipulasi layar teks (windowing, peletakan cursor di layar, Color pada teks, kode extended keyboard dan lain sebagainya.

Beberapa Statemen Turbo Pascal
Statemen adalah perintah untuk pengerjaan program pascal. Statemen terletak di bagian deklarasi statemen dengan diawali oleh kata cadangan BEGIN dan diakhiri dengan kata cadangan END. Akhir dari setiap statemen diakhiri dengan titik koma [;].
Statemen statemen dalam bahasa Pascal terdiri dari pernyataan yang berupa fungsi dan prosedur yang telah disediakan sebagai perintah standar Turbo Pascal.
1. Statemen-statemen yang digunakan untuk input/output.
# Read/Readln [prosedur].
Perintah ini digunakan untuk memasukkan [input] data lewat keyboard ke dalam suatu variabel. Sintaks: Read/Readln(x); (ingat, selalu diakhiri dengan titik koma [;])
Keterangan : x = variabel.
Read = pada statemen ini posisi kursor tidak pindah ke baris selanjutnya.
Readln = pada statemen ini posisi kursor akan pindah ke baris selanjutnya setelah di input.
# Write/Writeln [prosedur].
Digunakan untuk menampilkan isi dari suatu nilai variable di layar. Sintaks: Write/Writeln(x);
Keterangan : x = variabel.
Write/Writeln= statement ini digunakan untuk mencetak variable ke dalam monitor

2. Statemen-statemen yang digunakan untuk pengaturan letak layar.
# ClrScr [prosedur].
Perintah ini digunakan untuk membersihkan layar.
sintaks: ClrScr; ��[Clear screen]

Pada Bahasa Pemrograman Turbo Pascal terdapat struktur program, di mana struktur program tersebut terdiri atas :
1. Kepala Program
2. Bagian Deklarasi
3. Bagian Program Utama

Ketiga hal di atas mempunyai bentuk umum :

Kata-kata yang bergaris bawah pada bentuk umum di atas adalah kata-kata tercadang dalam Turbo Pascal (Reserved Word). Kepala program adalah bagian yang menyatakan judul dari program yang akan dibuat. Nama program mempunyai beberapa ketentuan, yaitu:
_ Tidak boleh menggunakan kata-kata tercadang.
_ Tidak boleh dipisahkan oleh spasi.
_ Tidak boleh menggunakan simbol (-) tetapi menggunakan (_) atau garis bawah.
_ Dapat menggunakan huruf besar/ kecil dan juga angka.

Program Utama
Program utama adalah program yang berisikan pernyataan-pernyataan dalam Turbo Pascal. Ini merupakan komponen kedua dari turbo pascal yang selalu terdiri atas deklarasi data, prosedur dan fungsi. Program Utama diawali dengan pernyataan Begin dan diakhiri dengan End.
Pernyataan dasar yang paling banyak digunakan dalamprogram Pascal adalah :
_ Write
_ WriteLn
_ Read
_ ReadLn
Write adalah pernyataan yang digunakan untuk menuliskan teks / komentar tanpa perpindahan kursor jika tombol Enter ditekan. Bentuk umum :
Write (‘ Teks atau komentar ‘);
Jika perintah tersebut dijalankan :

Teks atau komentar
Jika tombol Enter ditekan akan menjadi :

Teks atau komentar _ (tanpa perpindahan baris)
WriteLn pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama dengan Write, bedanya jika tombol Enter ditekan maka kursor akan berpindah ke baris setelahnya.

Bentuk umum :
Writeln (‘ Teks atau komentar ‘);
Jika perintah tersebut dijalankan :

Teks atau komentar
Jika tombol Enter ditekan akan menjadi :

Teks atau komentar
_ (dengan perpindahan baris)
Read digunakan untuk membaca data atau memasukkan nilai ke dalam sebuah Variabel tanpa perpindahan baris.
Sebuah program Pascal berisi kepala program, anak kalimat uses (tidak harus ada), serta blok pengumuman dan pernyataan. Kepala program menunjukkan nama program. Anak kalimat uses menggunakan unit-unit yang dipakai oleh program tersebut. Bagian terakhir merupakan blok yang berisi pengumuman dan pernyataan yang akan dijalankan.
Setiap program pascal mempunyai susunan sebagai berikut :
Program Nama_program;
Uses
….. {unit-unit yang dipakai};
Label
….. {label-label yang dipakai};
Const
….. {pendefinisian konstanta yang dipakai};
Type
…. {pendefinisian tipe-tipe data};
Var
….. {pendefinisian peubah};
Procedure Nama_prosedur ;
Begin
…..
End;
Function Nama_function ;
Begin
…..
End;
{ Program Utama }
Begin
…..
End.
Unsur aturan penulisan dasar akan digabung membentuk ungkapan (expressions), pendeklarasian (declarations), dan pernyataan (statements). Pernyataan menggambarkan tindakan algoritma yang dapat dijalankan dalam program. Setiap ungkapan adalah sebuah aturan kesatuan aturan penulisan yang terdapat dalam pernyataan dan menunjukkan sebuah nilai. Setiap ungkapan terdiri dari operator dan operand. Sedangkan pengumuman menegaskan sebuah pengenal (identifier) yang dapat digunakan pada ungkapan atau pernyataan, dan bila diperlukan memesan tempat pada pengingat untuk pengenal tersebut.

PEMROGRAMAN JAVASCRIPT



JavaScript adalah bahasa skrip yang berbasis objek, artinya saat menuliskan kode JavaScript, Anda menggunakan objek-obek bawaan atau objek yang Anda ciptakan sendiri
Tag ini mempunyai dua atribut yaitu LANGUAGE. Program JavaScript diletakkan diantara baris komentar.
JavaScript membedakan huruf kapital dan huruf kecil. Hal ini berarti script document tidak sama dengan DOCUMENT atau Document.
VARIABEL
Variabel digunakan untuk menyimpan data. Tanpa variabel, sebuah program tidak bisa melakukan apa-apa. Pendeklarasian variabel paa JavaSript bersifat opsional. Bila Anda memberi nilai pada suatu variabel, JavaScript menganggap Anda telah mendeklarasikan variabel tersebut.
Untuk mendeklarasikan variabel secara eksplisit digunakan perintah var. Pemberian nama variabel harus mengikuti beberapa aturan tertentu, yaitu :
1. Diawali dengan huruf atau tanda garis bawah
2. Tidak boleh diawali dengan angka
3. Tidak boleh mengandung spasi
4. Tidak boleh menggunakan kata kunci JavaScript
5. Tidak boleh mempunyai beberapa nama variabel yang sama dalam satu blok
TIPE DATA
JavaScript tidak mempunyai tipe data secara eksplisit. Variabel dapat dideklarasikan tanpa menentukan tipe datanya. Ada empat macam tipe data implisit yang dimiliki oleh JavaScript, yaitu :
1. Numerik
Terdiri dari dua macam tipe numerik yaitu bilangan bulat dan bilangan real (pecahan).
Misalnya : var A=20;
var A=20.5;(deklarasi untuk bilangan real)
var A=020; (deklarasi untuk bilangan OKTAL)
var A=0x2F; (deklarasi untuk bilangan HEKSADESIMAL)
2. String
Ditulis diantara tanda petik tunggal atau tanda petik ganda
Misalnya : var A=’JavaScript’;
var A=”JavaScript”;
JavaScript mendukung beberapa karakter khusus (escape sequence) berupa :
· \b menyatakan backspace
· \f menyatakan form feed
· \n menyatakan karakter baris baru
· \r menyatakan carriage return
· \t menyatakan tab
3. Boolean
Tipe ini hanya bernilai TRUE atau FALSE. Tipe ini biasanya digunakan untuk pengecekan suatu kondisi.
Misalnya : var B=(A<100);
Jika A=50 maka B=True
4. Null
Digunakan untuk merepresentasikan variabel yang tidak diinisialisasi.
OPERATOR
Jenis-jenis operator pada JavaScript, yaitu :
1. Aritmetik
Terdiri dari operator aritmetik tunggal (unary) dan operator aritmetik binari (binary).
2. Pemberian Nilai
Digunakan bila Anda ingin memberi nilai atau mengubah nilai suatu operand.
3. Pemanipulasi BIT
Operasi ini berhubungan dengan pemanipulasian bit pada operan bertipe bilangan bulat.
4. Pembanding
Digunakan untuk membandingkan dua buah operand. Operand yang dikenai operator ini dapat bertipe string, numerik maupun ekspresi lain. Operator ini akan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE.
5. Logika
Operator ini digunakan untuk mengoperasikan operan yang bertipe boolean dan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE.
6. String
Digunakan untuk menggabungkan beberapa string menjadi sebuah string yang lebih panjang. Simbol untuk oprator ini sama dengan oprator penjumlahan (+).